Skip to content

Tim Evaluator Pelayanan Publik Kemenpan RB Nilai Dinas Dukcapil Kab. Tanah Datar

Batusangkar, 15/07/2019

Tim Evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bekerja sama dengan Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat melakukan penilaian dalam rangka evaluasi pelayanan publik tahun 2019 pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Datar pada hari Senin, tanggal 15 Juli 2019 bertempat di ruang Kadis Dukcapil Kab. Tanah Datar, Ir. Elizabeth, MT.

Tim yang dipimpin oleh Drs. Yastri Alphian ini melakukan pemantauan dan pengamatan serta evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik dengan meliputi beberapa komponen yaitu Kebijakan Pelayanan, Profesionalisme Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana, Sistem Informasi Pelayanan Publik, Konsultasi dan Pengaduan dan Inovasi Pelayanan. Menurut Yastri, ” Penilaian kali ini merupakan kerjasama dengan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB dengan Biro Organisasi Setda Provinsi Sumatera Barat, dimana salah satu tujuannya adalah melakukan pembinaan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik pada Instansi Pelayanan Publik dan kali ini untuk Kabupaten Tanah Datar yang dinilai adalah Dinas Dukcapil Kab. Tanah Datar dan Dinas PMPTSP dan Naker Kab. Tanah Datar.”

” Secara umum pelayanan publik pada Dinas Dukcapil Kab. Tanah Datar sudah tergolong baik, namun demikian ada beberapa catatan dan rekomendasi yang mungkin perlu ditingkatkan di masa-masa yang akan datang seperti penilaian internal bagi pegawai yang berkinerja baik dan melakukan pemberian reward (penghargaan) sebagai motivasi bagi petugas pelayanan, penataan untuk lahan parkir yang memang pada Dinas Dukcapil Kab. Tanah Datar memang sangat terbatas dan penyediaan jalur landai dan toilet khusus difabel, ” tambah beliau.

Namun demikian dengan telah banyaknya inovasi yang dilakukan dan dibuat oleh Dinas Dukcapil Kab. Tanah Datar, Tim Penilai dan Bagian Organisasi Setda Kab. Tanah Datar juga merekomendasikan untuk ikut dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik seperti Inovasi KISS (Kado Identitas Sweet Seventeen), Intens (Interaktif melalui SMS Gateway) dan Inovasi lainnya agar dikemas sedemikian rupa sehingga menarik dan bisa kembali memenangkan kompetisi serupa seperti Inovasi OASE SAHABAT HATI (Online Anywhere Service, Satu Hari Banyak Tempat, Harapan Terpenuhi) yang telah masuk ke dalam Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017 lalu.

Kadis. Dukcapil Kab. Tanah Datar, Ir. Elizabeth, MT meminta kepada tim penilai agar tidak sungkan-sungkan untuk memberikan masukan kepada Dinas Dukcapil Kab. Tanah Datar sehingga dimasa-masa mendatang pelayanan publik yang diberikan semakin baik dan berkualitas (Tn_167)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *